Tere Liye Menggajarkan Ketulusan Melalui Novel Ceros dan Batozar

26159

Awalnya kami hanya mengikuti karyawisata biasa seperti murid-murid sekolah lain.  Hingga Ali, dengan kegeniusan dan keisengannya, memutuskan menyelidiki sebuah ruang kuno.  Kami tiba di bagian dunia pararel lainnya, menemui petarung kuat, mendapat kekuatan baru serta teknik-teknik menakjubkan. Dunia pararel ternyata sangat luas, dengan begitu banyak orang hebat di dalamnya.

Kisah ini tentang petualangan tiga sahabat.  Raib bisa menghilang.  Seli bisa mengeluarkan petir. Dan Ali bisa melakukan apa saja.

Ceros

Cerita ini dimuali saat Raib dan teman temanya mengikuti karya wisata kesalah satu bangunan kuno bersejarah. Saat itu Ali bukannya mendengarkan pejelasan dari Buk Ati yang juga guru sejarahnya, ia malah sibuk dengan alat buatannya yang dapat mendekteksi adanya kekuatan dunia paralel berskala besar. Tanpa berfikir panjang Ali langsung memanggil ILY dengan mode menghilang tanpa sepengetahuan Raib dan Seli. Setelah melihat gelagat Ali yang aneh, Raib dan Seli menemi Ali dan bertanya apa yang sebenarnya sedang terjadi. Ali menjelaskan semuanya kepada sahabatnya tersebut. Setelah mereka setuju untuk mencari sesuatu yang terdeteksi oleh alat Ali secara perlahan mereka pun memisahkan diri dari rombongan karya wisata.

 

Dengan mengunakan ILY mereka terus mencari sumber kekuatan yang terdeteksi oleh alat buaatan Ali. Mereka masuk ke dalam air dan menemukan lorong panjang seperti perjalan mereka saat menuju Klan Bintang. Mereka terus menyusuri lorong tersebut hingga menemukan pintu masuk lorong tersebut. Di depan pintu masuk terdapat dua patung manusia berkepala badak yang sangat mengerikan. Saat memasuki ruangan itu, tak ada bahaya yang mengancam. Hingga matahari di ruangan tersebut terbenam Tiba-tiba mereka diserang manusia berkepala badak. Mereka mempertahankan diri dari serangan manusia berkepala badak itu selama satu jam. Namun manusia berkepala badak itu sangat kuat untuk dilawan. Tak hanya satu, tapi ada dua manusia berkepala badak yang menyerang mereka, namun saat matahari terbit kedua manusia berkepala badak itu pun menghilang.

Saat kedua manusia berkepala badak menghilang, tiba-tiba datang dua pria kembar yang baik hati menolong mereka. Kedua orang itu adalah Nglanggeran dan Nglanggeram. Mereka datang dari Klan Aldebaran beberapa ribu tahun yang lalu. Nglanggeran dan Nglanggeram menjelaskan tentang keberadaan badak atau mereka menyebutnya ceros. Mereka juga mengatakan bahwa tidak ada jalan keluar dari ruangan tersebut. Ruangan itu sudah diberi tameng agar kedua ceros tidak bisa keluar karena jika ceros keluar mereka bisa menghancurkan bumi di permukaan. Hanya ada satu hal yang bisa menegluarkan mereka dari ruangan itu, yaitu mereka harus menggunakan sesuatu yang bisa mengubah ceros ke wujud aslinya. Namun, sesuatu itu sudah dicuri ribuan tahun lalu. Itu artinya mereka terjebak disana selamanya.

 

Namun Ali mengerti apa yang telah dicuri ribuan tahun lalu, yaitu sarung tangan Klan Bumi yang dikenakan Ali saat ini. Setelah Ali memikirkannya secara matang-matang akhirnya Ali membicarakan kepada Raib dan Seli bahwa ia akan memberikan sarung tangan itu kepada Nglanggeran dan Nglanggeram. Namun setelah itu Ali terpaksa harus tinggal di dalam ruangan tersebut selamanya. Sebab, jika Ali ikut bersama mereka Ali akan membahayakan banyak orang. Ali bisa saja sewaktu-waktu mengamuk dan merusak penduduk Klan Bumi.

 

Sebelum matahari benar-benar tenggelam Nglanggeran dan Nglanggeram segera mengenaka sarung tangan Klan Bumi. Dengan menggunakan sarung tangan itu Nglanggeran dan Nglanggeram tidak berubah menjadi manusia berkepala badak yang mengerikan. Nglanggeran dan Nglanggeram segera membawa Raib dan Seli meski mereka tidak ingin meninggalkan Ali bahkan mereka sudah melakukan segala cara agar mereka tidak jadi diantar pulang.

 

Ali ikut bersama Nglanggeran dan Nglanggeram mengantar Raib dan Seli yang berada di dalam ILY. Saat sudah sampai di pintu gerbang Nglanggeran dan Nglanggeram kembali memberikan sarung tangan klan bumi kepada Ali. Nglanggeran dan Nglanggeram meyuruh Ali ikut pulang bersama Raib dan Seli. Nglanggeran dan Nglanggeram berfikir lebih baik mereka yang terpenjala selamanya dari pada harus memutuskan persahabatan yang tulus antara Raib, Seli dan Ali.

 

Batozar
Seminggu setelah karyawisata, ada berita menggemparkan Klan Bumi. Banyak media yang meberitakan penampakan sebuah UFO yang tertangkap kamera di sekitaran bangunan kuno bersejarah. Mengetahui berita tersebut, Raib marah pada Ali karena menduga UFO itu adalah kecerobohan Ali menggunakan ILY dalam mode terlihat. Sesampainya di sekolah Raib ingin segera menjumpai Ali untuk megkonfirmasi apa yang telah terjadi. Namun Ali selalu selamat dari kejaran Raib, selalu ada hal yang membuat Ali menghindari Raib.

Setelah dikonfirmasi, ternyata UFO yang terlihat di bangunan kuno itu bukanlah ILY. Miss Selena yang telah menjelaskan semuanya. Itu adalah kapsul yang dicuri oleh Batozar Sang Penjagal, tahanan Klan Bulan yang sudah dipenjara selama seratus tahun karena kejahatannya membunuh empat belas keluarga Ketua Komite Klan Bulan. Miss Selena juga berpesan agar Raib, Seli dan Ali tidak perlu ikut mencari Batozar karena sangat berbahaya.

Sungguh diluar dugaan ternyata mereka bertigalah yang pertama kali melihat Batozar setelah kabur dari tahanan. Wajah Batozar sangat menyeramkan. Wajah seram Batozar tak membuat niat mereka untuk mencari tahu lebih lanjut goyah. Ali bahkan meengajak berbicara Batozar dan menempelkan alat pelacak di tubuh Batozar. Setelah rencana mereka berhasil mereka segera menjumpai Miss Selena memberi tahu keberadaan Batozar.

Mengetahui posisi Batozar, Miss Selana, bersama Pasukan Klan Bulan, juga Raib, Seli dan Ali yang memaksa untuk ikut segera menemui Batozar. Batozar tidak melarikan diri saat ditemukan. Wajahnya dingin, seakan tidak peduli. Dia justru sedang asyik melukis sebuah gambar keluarga. Pasukan Klan Bulan memberikan tawaran pada Batozar agar menyerahkan diri secara sukarela, jika tidak, mereka akan membunuhnya. Batozar menolak. Hanya dengan tangan kosong, Batozar bisa mengalahkan Pasukan Klan Bulan dan Miss Selena dalam waktu yang sangat singkat. Raib, Seli, Ali tak bisa tinggal diam, mereka membantu Miss Selena untuk mengalahkan Batozar. Namun keadaan berkata lain, Batozar malah sebenarnya kabur dari penjara Klan Bulan untuk mencari Raib sang Putri Bulan.

Batozar mecari Raib karna ingin Raib memutarkan kenangan anak dan istri Batozar. Dia hanya ingin mengingat wajah anak dan istrinya yang sudah lama terlupakan. Batozar membawa Raib, Seli dan Ali, ke tempat yang sangat jauh meninggalkan Miss Selena dan Pasukan Klan Bulan. Batozar menggunakan cermin sebagai portal untuk berpindah tempat. Batozar terus memaksa Raib untuk memutarkan kenangan tersebut. Namun itu bukan lah hal yang mudah. Raib telah berulang kali mencobanya namun tak kunjung menemukan hasil, hingga akhirnya Batozar merasa bersalah kepada Raib. Karna sesungguhnya Raib lah yang lebih membutuhkan teknik tersebut. Batozar akan memulangkan Raib Seli dan Ali ke rumah mereka, namun Raib menolak. Raib masih ingin memutarkan kenangan Batozar. Setelah Batozar kehilang cara untuk menyuruh Raib pulang, dia membuat keberadaan mereka diketahui oleh pasukan Klan Bulan.

Tanpa menunggu waktu yang lama, pasukanBulan menyerang Batozar secara habis habisan dan pada waktu yang bersamaan Raib dapat memutarkan kenangan Batozar. Namun sayang setelah kenangan tersebut habis berputar Batozar tetap harus tertembak. Namun menurut Ali, Batozar tidak mati terbunuh, karna Ali menemukan kaca kecil dan kokoh disekitaran Batozar ditembak. Itu artinya Batozar telah kabur melalui kaca kecil tersebut.

Share.

About Author

26.159 Komentar

  1. When I initially commented I clicked the “Notify me when new comments are added” checkbox and now each time a comment
    is added I get three emails with the same comment.
    Is there any way you can remove me from that service? Cheers!

Leave A Reply