Resensi Novel Matahari Karya Tere Liye

60

Namanya Ali, umurnya 15 tahun, kelas X. Jika saja orangtuanya mengizinkan, seharusnya dia sudah duduk di tingkat akhir ilmu fisika program doktor di universitas ternama. Ali tidak menyukai sekolahnya, guru-gurunya serta teman-teman sekelasnya. Semua membosankan baginya.

Tapi sejak dia mengetahui ada yang aneh pada diriku dan Seli, teman sekelasnya, hidupnya yang membosankan berubah menjadi seru. Aku bisa menghilang dan Seli bisa mengeluarkan petir. Ali sendiri punya rahasia kecil yaitu bisa berubah menjadi beruang raksasa. Kami bertiga kemudian bertualang ke tempat-tempat yang menakjubkan. Dia tahu sejak dulu dunia ini tidak sesederhana yang dilihat orang. Dan di atas segalanya, akhirnya dia tahu bahwa persahabatan adalah hal yang paling utama.

*****

Novel ini merupakan buku ketiga dari serial “Bumi”. Jika di novel sebelumnya mereka melakukan perjalanan di Klan Matahari, maka di novel ini mereka melakukan petualangan di Klan Bintang, sebuah klan yang hanya dianggap sebuah legenda karena nyaris tak satupun orang mengetahui dimana letak klan ini.

Ali menciptakan kapsul perak yang dia beri nama ILY untuk mengingat teman berpetualang mereka saat di Klan Matahari. ILY memiliki kemampuan dapat menembus lapisan tanah bagian tanah hingga beribu-ribu kilometer. Ali mempelajari buku-buku dari Klan Bulan dan Klan Matahari untuk menemukan Klan Bintang.

Ali, Raib dan Seli bisa saja pergi ke sana menggunakan buku kehidupan miliki Raib seperti pada petulangan-petualngan sebelumnya. Namun, Raib sudah berjanji kepada Av dan Miss Selena untuk tidak menggunakannya tanpa seijin mereka. Maka demi pergi kesana Ali dengan senang hati mempelajari semua buku-buku Klan Bulan dan Klan Matahari.

Pertualangan mereka dimulai dengan melewati lorong-lorong besar dan gelap. Perjalanan mereka memakan waktu yang sanagt lama dan tak semudah yang dibayangkan. Banyak rintangan dan halangan untuk menuju klan matahari. Mereka harus menghadapi banyak ular yang berukuran besar dan mereka juga harus menghapi kelelawar raksasa dengan jumlah yang sangat banyak saat mereka memasuki lorong yang penuh dengan Kristal. Untuk dapat keluar dari dalam lorong tersebut mereka harus menghancurkan beberapa Kristal. Saat mereka menghancurkan Kristal datang penjaga penjaga dari Klan Bintang.

Mereka ditangkap oleh penjaga Klan Bintang dan di bawa ke lembah hijau milik Faar. Mereka mendapatkan sabutan yang  sangat baik setelah berkenalan dengan Faar. Mereka dapat menikmati setiap teknologi klan bintang. Namun mereka harus terusik oleh penguasa dan aparat Klan Bintang yang berada di ibu kota. Penguasa dan aparat Klan Bintang tersebut sangat membenci orang yang memiliki kekuatan seperti Ali, Raib dan Seli. Orang-orang yang memiliki kekuatan dari Klan Matahari, Klan Bulan dan Klan Bumi harus ditangkap karena dianggap sebagai ancaman.

Mereka bertiga pun segera melarikan diri dan melakukan perlawanan penguasa aparat ibu kota. Puncak keseruan dari petualangan mereka bertiga dimulai disini. Kemampuan yang mereka miliki tidaklah cukup untuk menghadapi lawan. Mereka juga harus menggunakan taktik, kecerdikan dan siasat dalam melakukan perlawanan. Mereka harus menghadapi pasukan robot besar yang jumlahnya banyak. Tidak hanya besar, robot-robot ini mampu membaca semua gerak-gerik Ali, Raib dan Seli karena telah dilengkapi dengan teknologi canggih. Mereka mengerahkan segala kemampuan mereka untuk melawan robot-robot tersebut.

Share.

About Author

60 Komentar

  1. Heya i am for the first time here. I found this board and I find It truly useful & it helped me out
    a lot. I hope to give something back and help others like you helped
    me.

  2. I blog frequently and I really thank you for your information. The
    article has truly peaked my interest. I am going to take a note of your blog and
    keep checking for new details about once per
    week. I subscribed to your RSS feed as well.

  3. Hello, Neat post. There is a problem together with your website
    in internet explorer, may check this? IE still is the
    market chief and a large component of folks will omit your great writing because of this problem.

  4. It is the best time to make some plans for the future and it’s time to be happy.

    I have read this post and if I could I wish to suggest you some interesting things or tips.
    Maybe you could write next articles referring to this article.

    I wish to read even more things about it!

  5. My coder is trying to persuade me to move to .net from PHP.

    I have always disliked the idea because of the costs.
    But he’s tryiong none the less. I’ve been using
    Movable-type on a variety of websites for about a year and am anxious about switching to another platform.
    I have heard very good things about blogengine.net.
    Is there a way I can transfer all my wordpress content into it?
    Any help would be greatly appreciated!

  6. Simply desire to say your article is as amazing. The clearness for your submit is simply cool and i could suppose you’re an expert on this subject.
    Fine along with your permission allow me to grasp your
    RSS feed to keep up to date with drawing close post.
    Thank you one million and please keep up the enjoyable work.

  7. Pretty section of content. I just stumbled upon your website and in accession capital to assert that I acquire actually enjoyed account
    your blog posts. Any way I’ll be subscribing to your augment and even I achievement you access consistently rapidly.

Leave A Reply